Tips Membuat Autobiografi yang Menarik

Diposting oleh Unknown on Kamis, 25 Juli 2013

Sahabat, saya akan membagi tips membuat autobiografi yang menarik. Membuat autobiografi memang mudah namun harus banyak memperhatikan banyak hal. Tips membuat autobiografi yang menarik ini akan memberikan kiat khusus agar autobiografi yang sahabat tulis menjadi menarik untuk dibaca orang lain. Sebelumnya Autobiografi adalah suatu riwayat hidup yang ditulis oleh dirinya sendiri. Jika sudah mengeti lansung saja ini dia tips membuat autobiografi yang menarik.

Tips Membuat Autobiografi yang Menarik

1. Autobiografi yang menuliskan riwayat hidup anda sendiri

Ini adalah hal yang sangatlah penting, karena pada dasarnya autobiografi merupakan tulisan riwayat hidup anda. Jadi jangan sekali-kali anda menambahkan riwayat hidup orang lain karena namanya bukan autobiografi. Oleh karena itu, anda bisa menceritakan tentang biografi pribadi anda. sebagai contoh biodata anda, latar belakang anda, keluarga anda, pendidikan yang pernah ditempuh, cita-cita bahkan hobi anda dapat di tulis di dalamnya.

2. Ceritakan sesuai dengan keadaannya

Kadang jika membuat sebuah karya tulis pastilah kita sering menambahkan cerita yang fiksi atau tidak real. Autobiografi berbeda dengan karya sastra yang lainya semisal cerpen, novel, puisi, dll. Ini juga patut anda perhatikan karena ini sebuah poin penting terhadap kualitas autobiografi dan keasliannya. Oleh karena itu, anda harus membuat autobiografi dengan sejujur-jujurnya, walaupun jangan terlalu frontal. :)

3. Jangan hanya menulis hal yang menyenangkan saja

Maksudnya adalah anda jangan sungkan-sungkan menambahkan sebuah cerita pengalaman yang memalukan atau sebuah kegagalan yang pernah anda lalui. Dengan begitu, Autobiografi anda menjadi menarik untuk dibaca dan tidak terkesan monoton. Pembaca akan lebih tertarik untuk membaca sebuah pengalaman seseorang yang berlika-liku daripada pengalaman seseorang yang hanya menemui jalan mulus karena lebih terkesan monoton dan bisa jadi pembaca meragukan keaslian dari autobiografi anda. Jadi, hal ini juga patut untuk di perhatikan.

4. Sisipkan sebuah prinsip hidup anda

Ketika pembaca telah selesai membaca Autobiografi anda, pastikan pembaca tersebut mendapatkan sebuah pelajaran dari tulisan anada. Sebagai solusi, anda dapat memberikan atau menyisipkan sebuah prisip hidup anda pada tulisan anda. Karena sedikit banyak ketika pembaca kagum dengan riwayat hidup anda pastilah mereka ingin belajar agar menjadi seperti anda. Maka, tidak ada salahnya jika anda membagi prinsip hidup anda yang mungkin sangat bermanfaatbagi pembaca.


Demikian sahabat Tips membuat Autobiografi yang menarik. semoga tulisan saya bermanfaat bagi anda semua. terimakasih :)
Artikel Terkait

1 komentar:

Baca juga yang ini

Tukeran link

Copy kode di bawah ini dan masukan di blog anda, saya akan segera linkback kembali setelah anda mengirim komentar KLIK DISINI dan cek link sahabat yang telah terpasang KLIK DISINI